Jumat, 17 Oktober 2014

Review Film "Petualangan Sherina"

Siapa yang masa kecilnya pernah nonton film ini?


SELAMAT!
Kamu ketahuan udah TUA! haha

Well, kali ini kita sedikit bernostalgia ke masa kecil yuk. Nulis-nulis (berhubung ini dibaca jadi 'ngomong-ngomong'nya diganti jadi nulis) soal masa kecil nih, pasti kalian tau dong sama film keren ini.

Yup yup! "Petualangan Sherina".

Film yang tayang pada tahun 2000 ini sempat mencatat sejarah tersendiri dalam dunia perfilman Indonesia. Pertama, film ini merupakan film anak-anak musikal pertama yang diproduksi oleh Indonesia setelah sebelumnya tema ini nyaris 'tidak tersentuh'. Kedua, karena film ini juga 'dianggap' menandai sebuah periode baru dalam industri perfilman Indonesia dimana produksi film perlahan mulai 'bangkit' secara kualitas maupun kuantitas.

Tokoh Sherina muncul sebagai tokoh 'jagoan'.
Sejak awal, film dibuka dengan scene dimana seorang anak laki-laki sedang berusaha memanjat pohon untuk mengambil sebuah sarang burung. Anak laki-laki tersebut tampak kesulitan dan sedikit ketakutan sementara Sherina dan teman-teman perempuannya memandangi dari bawah. Teman-teman Sherina bersorak penuh khawatir sementara Sherina menatap dengan pandangan meremehkan sambil berkata penuh nada menyangsikan.

"Sebenarnya kamu bisa nggak sih?"



Secara keseluruhan Sherina diceritakan sebagai seorang gadis cilik yang cerdas, enerjik, dan suka bernyanyi. Ia tinggal di Jakarta bersama orang tuanya, Bapak dan Ibu Darwamawan. Sehari-hari Sherina menikmati benar bermain dengan sahabat-sahabat satu sekolahnya. Namun, Sherina harus meninggalkan sahabat-sahabatnya ketika ayahnya diterima bekerja di perkebunan sayur milik Pak Ardiwilaga (ayah Sadam) di Lembang.

Sherina tidak mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dan memperoleh teman-teman di lingkungan yang baru. Namun, ia juga menjadi sasaran kejahilan ‘jagoan kelas’nya, yaitu anak laki-laki bernama Sadam dan dua anteknya, Dudung serta Icang yang berbadan subur. Para jagoan kelas ini sangat suka mengganggu teman-teman mereka. Sherina tidak dapat menerima perlakuan tersebut dan menkoordinasi teman-teman barunya agar berani melawan Sadam. Hasilnya, jadilah dua kubu berseteru secara terang-terangan di sekolah. Kubu Sherina melawan kubu Sadam. Baik Sadam maupun Sherina sama-sama tidak takut untuk berkonfrontasi dengan cara saling mengejek maupun berkelahi sambil berjoget (dengan cara khas film musikal tentunya).

Singkat cerita, dalam suatu liburan singkat, Sherina dan Sadam terjebak untuk menghabiskan waktu liburan bersama. Keduanya pun kemudian terlibat dalam suatu petualangan yang menguji kecerdikan, ketabahan, dan keberanian mereka serta kemampuan untuk saling bekerja sama menghadapi komplotan penculik Pak Raden yang merupakan suruhan pengusaha licik bernama Kertarejasa dan anteknya Natasha. Tujuan utama Kertarejasa adalah menguasai areal perkebunan Pak Ardiwilaga untuk dijadikan proyek real-estat. Namun berkat kecerdikan Sherina, usaha tersebut gagal dan Sadam berhasil diselamatkan dari tangan penculiknya.


Dua tokoh utama dalam film ini, Sherina dan Sadam adalah dua orang anak yang menjalani sebuah pengalaman untuk mengidentifikasi makna menjadi seorang ‘jagoan’ dan seorang ‘teman’. Sadam sang jagoan kelas menganggap ‘kejagoannya’ ditentukan oleh kekuatannya untuk menekan yang lebih lemah. Sherina justru menganggap ‘kejagoan’ seseorang ditentukan oleh kemampuannya membela dan menolong teman-temannya yang lebih lemah.

Setelah menonton film ini, aku rasa film ini cukup standar. Cerita dalam film ini pun hanya seputar persaingan licik pengusaha, penculikan yang bodoh dan pemerasan. Tapi mungkin karena kesederhanaan cerita yang dibungkus dengan baik inilah yang menjadi point plus dalam film ini. 

Sebenarnya, pemain yang terkenalpun tidak terlalu dibutuhkan dalam cerita Petualangan Sherina, akan tetapi dapat menambah kredibilitas film saja. Untungnya, anak-anak yang merupakan pemain baru (pada masanya) dalam perfilman masih  bisa beradu akting dengan aktor legendaris memberikan performa yang baik. Sherina Munaf dan Derby Romero pun bisa sama-sama beradu akting bagus ketika menjadi musuh hingga menjadi teman.

Sherina merupakan salah satu faktor yang paling menarik. dan lagunya merupakan point penting dalam film musikal keluarga ini. Nada yang easy listening dari Elfa Secioria dikombinasikan dengan lirik lucu oleh Mira Lesmana menjadi pokok untuk film tersebut. Walaupun ada koreografi musik yang agak ceroboh dan harus  melakukan sedikit polishing, film musikal ini masih datang sebagai penghibur yang mempesona.

Sumber gambar : hasil searching Google "Petualangan Sherina"

-ARN-


Reaksi:

34 komentar:

  1. Wahaha saya kalo liat film ini jadi inget masa masa kecil masi filmnya bagus banget. ada lagu lagunya lagi


    Musik Indonesia

    BalasHapus
  2. I was quite happy with the article I look at this, quite useful for my blog alat bantu sex.
    Alat bantu sex wanita
    Alat bantu sex pria
    MY BLOG

    BalasHapus
  3. Flm yang menarik tentu akan memikat banyak penggemar dari seluruh masarakat di seluruh dunia.
    perfileman Alat bantu pria.
    perfileman Alat bantu wanita.

    BalasHapus
  4. Hi Friends ,I have all version of MS Office setup. If any buddy wants setup,Please click here :-

    www.office.com/setup
    www.office.com/setup
    www.office.com/setup

    BalasHapus
  5. [url=http://www.webcando.ir //]طراحی سایت [/url]
    [url=http://www.portalsaz.com/fa/فروشگاه-ساز//]فروشگاه ساز [/url]
    [url=http:// http://perkasco.com//]تابلو سازی [/url]

    BalasHapus
  6. We provide online tech support to norton customer. Our expert team is committed to be available 24/7 in your service. call on our phone number 1844-307-1804.
    Click More

    BalasHapus
  7. Call us +1-844-307-1804 for McAfee Antivirus Technical Experts. We'll solve your McAfee Antivirus problems within seconds. we've excellent for support. You just call any time and solve your problems.
    Read More

    BalasHapus
  8. We provide the technical support for Microsoft office products and install MS office setup with just call on this toll free number 1844-307-1804.
    Click More

    BalasHapus
  9. Office Setup and install here. office.com/setup get started office setup on your account and install MS Office. More Info Call 1844-307-1804.
    Read More

    BalasHapus
  10. Call on 1844-307-1804 to get the instant help for office.com/setup and install Microsoft office. It is Microsoft office customer service.
    Click More

    BalasHapus
  11. Best service for Microsoft Office Setup and installation of Microsoft office with the help of MS office helpline number. You just connect with our certified experts they will solve your all norton related issues.
    Read More

    BalasHapus
  12. Is your Office Setup not working properly, or unable to access Office account? Then, simply click on office.com/setup to get the best Office Setup support services and get all your issues fixed on time.
    Click More

    BalasHapus
  13. Filmku waktu masih kecil nih. Bagus ceritanya.

    ~ cek terbaru

    BalasHapus
  14. Call us for Norton Antivirus Technical Experts. We'll solve your Norton Antivirus issues within seconds. We have excellent for support. You just call and solve your query.

    BalasHapus
  15. Now without any hesitation contact online office.com/setup technical support team and enjoy their flawless services. Dial MS Office toll free number 1-888-827-9060 and take the immediate help of the Microsoft certified professionals. Rely on our Microsoft Office Customer Care team they will be happy to help you.

    BalasHapus
  16. We at Help-Number are offering excellent HP Printer technical support to our prestigious clients.

    HP Printer Support

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus